UKOM Academy Blog

Bentuk Soal UKMPPD yang Akan Muncul di UKOM + Bonus Tryout

Uji Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian akhir yang menjadi syarat kelulus bagi mahasiswa kedokteran.

Oleh karena itu, agar mendapatkan hasil yang maksimal saat melaksanakan ukom contoh soal ukmppd sangat penting diketahui agar bisa mengasah kemampuan sebelum ukom aslinya.

Kabar baik untuk kita semua, minkom akan share beberapa contoh soal ukmppd terbaru yang bisa kita gunakan untuk referensi latihan soal.

Dan minkom juga akan share informasi tryout gratis, supaya kita semua bisa mengetahui seberapa kompeten kita sebelum menghadapi ukom. Jadi, simak artikelnya sampai habis ya.

Contoh Soal UKMPPD Terbaru

Berikut ini beberapa contoh soal ukmppd terbaru untuk bahas latihan kamu.

Soal 1

Seorang laki-laki berusia 45 tahun datang ke dokter dengan keluhan berkeringat lebih banyak dari biasanya disertai gemetar. Pasien memiliki riwayat minum alkohol secara rutin selama bertahun-tahun, namun beberapa hari terakhir pasien berusaha tidak minum alkohol. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 130/90, nadi 135x/menit, RR 26x/menit, disertai tremor bilateral. Apakah tatalaksana yang tepat untuk kasus tersebut?

A. Posisi berdiri
B. Posisi tengkurap
C. Posisi duduk tegak
D. Memposisikan pasien berbaring dengan posisi kaki 30 derajat
E. Memposisikan pasien berbaring dengan posisi kepala 30 derajat

Soal 2

Seorang perempuan berusia 60 tahun datang ke IGD dengan keluhan penurunan kesadaran sejak 1 jam SMRS. Keluhan muncul tiba-tiba saat pasiensedang jogging. Keluhan diawali dengan muntah-muntah. Pasien memiliki riwayat hipertensi tidak terkontrol. PF TD 200/100, HR 80x, RR 22x, papiledema+. Kesan lateralisasi ke arah dextra. Apa pemeriksaan penunjang gold standard yang tepat untuk kasus diatas?

A. MRI
B. MRA Otak
C. CT Angiografi
D. CT Scan Non Kontras
E. CT Scan dengan Kontras

Soal 3

Seorang laki-laki berusia 45 tahun datang ke dokter dengan keluhan berkeringat lebih banyak dari biasanya disertai gemetar. Pasien memiliki riwayat minum alkohol secara rutin selama bertahun-tahun, namun beberapa hari terakhir pasien berusaha tidak minum alkohol. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 130/90, nadi 135x/menit, RR 26x/menit, disertai tremor bilateral. Apakah tatalaksana yang tepat untuk kasus tersebut?

A. Setraline
B. Haloperidol
C. Fenobarbital
D. Asam Valproat
E. Psikostimulan

Soal 4

Seorang laki-laki berusia 40 tahun dibawa ke IGD dengan keluhan seluruh badan kaku, air liur keluar berlebihan, dan berjalan seperti robot. Pasien memiliki riwayat skizofrenia dan sedang dalam masa pengobatan. Pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 130/70, nadi 80x/menit, RR 20x/menit, suhu 37.5° C. Apakah tatalaksana yang tepat untuk kasus tersebut?

A. Diazepam
B. Propanolol
C. Risperidone
D. Triheksifinidil
E. Chlorpromazine

Soal 5

Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke IGD rumah sakit dengan keluhan adanya bercak putih pada mata kiri. Pasien juga mengeluh rasa mengganjal dan penglihatan terganggu. Pada pemeriksaan terlihat jaringan fibrovascular dengan bentuk segitiga dari konjungtiva hingga sudah melewati pupil. Apakah tatalaksana yang tepat pada kasus tersebut?

A. Ekstirpasi
B. Obat tetes mata
C. Kortikosteroid oral
D. Kortikosteroid topikal
E. Hindari pajanan sinar UV

Soal 6

Seorang laki-laki berusia 23 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan hidung tersumbat secara bergantian antara hidung kanan dan kiri sejak 1 bulan yang lalu. Keluhan semakin memburuk ketika pagi hari dan ketika mencium asap rokok. Tidak ada riwayat demam dan alergi. Hasil rinoskopi anterior tampak edema mukosa hidung dan konka berwarna merah gelap. Bagaimanakah penatalaksanaan yang tepat bagi pasien tersebut?

A. Imunoterapi dan steroid oral
B. Terapi anti histamin dan steroid oral
C. Rutin mencuci hidung dan steroid topical
D. Rutin mencuci hidung dan minum anti histamin
E. Rutin mencuci hidung, steroid topical dan imunoterapi

Soal 7

Seorang perempuan berusia 42 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan batuk berdahak sejak 2 bulan terakhir. Keluhan disertai keringat malam, dan penurunan berat badan. Pemeriksaan tanda vital TD 120/80 mmHg, HR 80x/menit, RR 24x/menit, suhu 37°C. Pasien sempat berobat dan diberikan OAT, namun hanya dikonsumsi selama seminggu karena merasa keluhan sudah membaik. Hasil BTA sputum (+/+). Apakah tatalaksana yang tepat untuk pasien?

A. INH 900mg
B. 2RHZE/7HR
C. 2RHZE/4RH
D. 2RHZE/10HR
E. 2RHZES/HRZE/5HRE

Soal 8

Seorang laki-laki berusia 55 tahun datang ke IGD dengan keluhan sesak nafas sejak 35 menit yang lalu. Pasien mengaku sesak nafas sudah dirasakan sejak 6 bulan terutama saat beraktivitas. Pasien biasanya tidur dengan 3 bantal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 150/90 mmhg, nadi 100x/menit, frekuensi 40x/menit. Pada pemeriksaan fisik didapatkan peningkatan tekanan vena jugularis dan terdengar suara ronkhi pada seluruh lapangan paru. Apakah terapi awal yang diberikan pada pasien tersebut?

A. Nitrat
B. Morfin
C. Oksigen
D. Diuretik
E. Aspirin

Soal 9

Seorang laki-laki berusia 58 tahun datang ke IGD rumah sakit dengan keluhan nyeri hebat di perut hingga tembus ke punggung. Pasien sudah sering mengeluhkan rasa tidak nyaman di daerah umbilical. Pasien sebelumnya dikatakan memiliki riwayat penyakit pelebaran pembuluh darah perut. Riwayat trauma disangkal. Dari pemeriksaan fisik pasien tampak mengalami penurunan kesadaran dan konjungtiva anemis. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb 9 g/dL. Apakah kemungkinan diagnosis yang tepat pada pasien tersebut?

A. Ruptur limpa
B. Diseksi aorta
C. Pankreatitis akut
D. Emboli arteri pulmonalis
E. Ruptur aneurysma aorta abdominalis

Soal 10

Seorang perempuan berusia 27 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan nyeri ulu hati disertai dengan rasa panas di dada sejak lama dan muncul kembali 3 hari. Keluhan disertai rasa berat saat bernapas dan keluar keringat dingin. Pasien sebelumnya sudah diberikan omeprazole 20mg 2x sehari dari klinik. Apakah terapi tambahan yang tepat diberikan pada pasien?

A. Sucralfat 3x1Cth
B. Antasida 3x400mg
C. Loperamide 2x2mg
D. Lansoprazole 1x30mg
E. Domperidone 3x10m

Soal 11

Seorang Laki-laki berusia 25 tahun datang ke IGD Klinik dengan keluhan diare sejak 6 hari yang lalu. Frekuensi Diare > 10x namun jumlahnya sedikit-sedikit berupa cairan tanpa ampas disertai lendir dan darah, nyeri perut kiri bawah, mual dan demam. Pemeriksaan fisik didapatkan TD 120/80 mmHg, nadi 85x/menit, Suhu: 38,6oC dan RR 18x/menit. Pemeriksaan penunjang feses lengkap didapatkan eritrosit dan sel PMN (>45 neutrofil per lapang pandang). Apakah Diagnosis dan terapi yang sesuai untuk kasus diatas?

A. ETEC – amoksisilin
B. Tifoid – Ciprofloxacin
C. Shigelosis – Metronidazole
D. Crohn Disease – Kortikosteroid
E. Dysentri amoeba – Metronidazole

Soal 12

Seorang anak perempuan berusia 5 tahun dibawa ibunya ke poliklinik dengan keluhan bengkak pada kedua mata sejak 3 hari yang lalu. Keluhan disertai dengan bengkak pada kedua kaki dan buang air kecil tampak berbuih. Pada pemeriksaan fisik didapatkan edema anasarka. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan proteinuria +3, albumin 2,1 g/dl, kolesterol total 240 mg/dl. Apakah diagnosis yang tepat pada pasien tersebut?

A. GNAPS
B. Gagal ginjal akut
C. Sindroma nefrotik
D. Penyakit ginjal kronis
E. Gagal jantung kongestif

Soal 13

Seorang laki-laki berusia 43 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan buang air kecil tidak lampias yang dialami sejak 3 hari ini. Keluhan disertai sering buang air kecil tetapi sedikit-sedikit. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suhu aksila 380C, serta nyeri tekan suprapubik. Nyeri ketok CVA dan keluar duh dari OUE tidak dijumpai. Apakah diagnosis yang tepat pada pasien tersebut?

A. Uretritis GO
B. Uretritis non GO
C. Sistitis komplikata
D. Sistitis non komplikata
E. Pielonefritis komplikata

Soal 14

Seorang perempuan berusia 30 tahun dibawa suaminya ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Saat ini pasien hamil anak kedua dengan usia kehamilan 6 minggu. Hasil pemeriksaan didapatkan tekanan darah 120/70, nadi 80x/mmenit, RR 20 x/menit, suhu 36.8 0 C, HCG test positif, dan hasil USG didapatkan gestasional sac dengan ukuran 2.8 cm di adnexa kanan. Tanda-tanda hamil muda +. Apakah tindakan yang tepat dilakukan pada pasien tersebut?

A. Kuretase
B. Observasi
C. Appendictomi
D. Pemberian metotrexad
E. Salpingotomi atau salpingectomy

Soal 15

Seorang perempuan berusia 25 tahun dibawa ke IGD rumah sakit oleh suaminya dengan keluhan nyeri perut hebat di bagian kanan bawah sejak 1 minggu yang lalu dan terasa memberat sejak 1 jam yang lalu. Keluhan disertai demam, keputihan serta nyeri saat senggama. Dari hasil pemeriksaan pasien tampak sakit, komposmentis, tekanan darah 130/70, nadi 98 x/menit, RR 24 x/menit, suhu 38.60C, nyeri tekan rebound fenomen di adnexa kanan, teraba benjolan di adnexa kanan, secret di vagina mucopurulen. Pemeriksaan laboratorium didapatkan leukositosis. Apakah mikroba paling sering yang menjadi penyebab kasus tersebut?

A. E.coli
B. Actinomycetes
C. Hepes Simplex Virus
A. E.coli
B. Actinomycetes
C. Hepes Simplex Virus

Soal 16

Seorang laki-laki berusia 65 tahun diantar keluarganya ke IGD rumah sakit karena mengalami penurunan kesadaran. Keluhan terjadi sejak 1 jam yang lalu. Informasi dari keluarga pasien sering buang air kecil hingga 5x saat malam dan berat badan turun drastis meskipun makannya banyak. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TTV 120/80, RR 30x/menit, Nadi 102x/menit. Hasil pemeriksaan lab didapatkan GDS 412 dan keton +. Apakah diagnosis yang tepat untuk pasien tersebut?

A. KAD
B. DM Tipe 1
C. DM Tipe 2
D. Hipoglikemia
E. HHS non ketoti

Soal 17

Seorang perempuan berusia 28 tahun datang ke klinik dengan keluhan lemas,
merasa kedinginan meskipun di tempat panas, nafsu makan menurun tetapi
BB tidak ikut turun malah cenderung bertambah. Pada pemeriksaan
didapatkan penurunan kadar T4 dan kadar TSH meningkat. Marker anti TPO (+)
Apakah kemungkinan yang tepat pada pasien tersebut?

A. Graves disease
B. Goiter endemic
C. Huntington disease
D. Hashimoto tiroiditis
E. Tiroiditis granulomatosa subakut

Soal 18

Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan mudah lelah, dan sering mengantuk. Saat ini pasien sedang hamil anak kedua. Anak pertama lahir normal. Sebelum menikah pasien sering sekali mengonsumsi alkohol. Saat dilakukan pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva anemis (+/+), lidah papil atrofi (+), gejala neurologis (-), pemeriksaan laboratorium didapatkan HB: 8 %, Leukosit 6.000 /mm3, Trombosit 200.000 /mm3, pada pemeriksaan apusan darah tepi dijumpai ukuran eritrosit yang besar. Apakah terapi yang tepat diberikan pada pasien tersebut?

A. Vitamin B9 1 mg / hari
B. Vitamin B12 1 mg / hari
C. Vitamin B9 0,4 mg / hari
D. Sulfat ferrosus 325 mg / hari
E. Sulfat ferrosus 200 mg / hari

Soal 19

Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke RS dengan keluhan nyeri pada sendi-sendi terutama pada jari-jari kedua tangan disertai dengan kekakuan sendi di pagi hari selama 30 menit dan membaik saat beraktivitas. Keluhan sudah dirasakan sejak 2 bulan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan penonjolan sendi-sendi kedua jari tangan dan deviasi ulnar pada tangan kanan dan kiri. Pada pemeriksaan rongent manus di dapatkan tulang. Apa penyebab terjadinya gejala pada pasien tersebut?

A. Usia
B. Trauma
C. Autoimun
D. Infeksi Virus
E. Infeksi Bakteri

Soal 20

Seorang laki-laki berusia 22 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri punggung sejak 1 bulan yang lalu. Pada Anamnesis yang dilakukan didapatkan: batuk selama 2 bulan tidak kunjung sembuh, selalu berkeringat pada malam hari, dan merasa berat badan turun. Pada pemeriksaan fisik ditemukan adanya ronki pada kedua lapang paru, dan tampak adanya gibbus. Apakah diagnosis yang tepat pada pasien tersebut?

A. Siringomiella
B. Spondylitis TB
C. Spondylitis Torakal
D. Myelitis Transversa
E. Spondilisistesis Torakal

Soal 21

Seorang laki-laki berusia 22 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri punggung sejak 1 bulan yang lalu. Pada Anamnesis yang dilakukan didapatkan: batuk selama 2 bulan tidak kunjung sembuh, selalu berkeringat pada malam hari, dan merasa berat badan turun. Pada pemeriksaan fisik ditemukan adanya ronki pada kedua lapang paru, dan tampak adanya gibbus. Apakah diagnosis yang tepat pada pasien tersebut?

A. Siringomiella
B. Spondylitis TB
C. Spondylitis Torakal
D. Myelitis Transversa
E. Spondilisistesis Torakal

Soal 22

Seorang bayi laki-laki berusia 5 bulan dibawa ibunya datang ke klinik dokter dengan keluhan gatal-gatal dan terdapat bercak kemerahan pada daerah bokong dan genital. Pada pemeriksaan fisik area bokong dan genital didapatkan bercak kemerahan dengan batas tegas, kering, dan sesekali mengelupas. Apakah pencegahan penyakit yang dapat dilakukan pada pasien tersebut?

A. Mengganti popok 2x sehari
B. Menggunakan popok yang tipis
C. Memberikan hidrokortison sebagai profilaksis
D. Memberikan pelembab sebelum menggunakan popok
E. Mengoleskan salep anti jamur sebelum menggunakan popok

Soal 23

Seorang perempuan berusia 22 tahun datang ke klinik dengan keluhan gatal-gatal dan timbul lesi pada punggung kaki kiri sejak 6 bulan lalu. Pasien mengaku mengalami gejala ini hilang timbul dan lebih sering merasa gatal saat pasien banyak pikiran akibat tekanan pekerjaan. Pada pemeriksaan fisik area punggung kaki kiri pasien didapatkan plak hiperpigmentasi, likenifikasi, erosi(+).
Apakah diagnosis yang tepat pada pasien tersebut?
A. Eczema
B. Neurodermatitis
C. Psoriasis vulgaris
D. Dermatitis kontak
E. Dermatitis venenata

Soal 24

Seorang perempuan berusia 30 tahun diantar suaminya ke IGD dengan keluhan lemas sejak dua hari terakhir akibat diare cair sebanyak 5x sehari. Pemeriksaan kesadaran E4V5M6 dan tanda vital TD 90/60, HR 128, RR 24, T 38.1. Dokter menduga pasien mengalami gastroenteritis akut disertai dehidrasi, sehingga bermaksud untuk melakukan resusitasi cairan. Setelah diedukasi untuk pemasangan infus, pasien mengakatakan setuju dan dokter melakukan tindakan sebelum pasien menandatangani lembar persetujuan tindakan pemasangan infus. Apakah jenis consent yang dilakukan oleh pasien tersebut?
A. Implied Consent
B. Informed Consent
C. Expressed Consent
D. Presumed Consent
E. Mandatory Consent

Soal 25

Seoarang perempuan berusia 43 tahun dirawat di ruang ICU selama 3 minggu pasca operasi. Pasien merupakan korban kecelakaan mobil dan kereta api. Tidak ada tanda perbaikan pada pasien dan tiga hari terakhir pasien mengalami perburukan. Pada saat diperiksa GCS pasien E1V1M1. Keluarga telah mengikhlaskan pasien dan meminta dokter untuk melepas alat bantu yang terpasang pada pasien. Apakah jenis eutanasia pada kasus tersebut?

A. Eutanasia volunteer pasif
B. Eutanasia involunteer aktif
C. Eutanasia involunteer pasif
D. Eutanasia non-volunteer aktif
E. Eutanasia non-volunteer pasif

Bagaimana sudah memahami perkiraan bentuk soal ukmppd yang akan muncul di ukom nanti? 

Isi Form di bawah ini untuk mendapatkan jawaban dan informasi tryout gratis. 

Informasi akan dikirim ke email yang di input.

Berkenalan dengan UKOM Academy

UKOM Academy hadir sebagai pusat pembelajaran untuk persiapan Uji Kompetensi (UKOM) bagi mahasiswa calon tenaga kesehatan yang sedang berjuang meraih STR. Selengkapnya

Ingin mendapatkan notifikasi komentar?

Masukan email aktif dan klik icon lonceng untuk mendapatkan notifikasi komentar di email kamu. Lihat petunjuknya disini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Apa itu Voucher UKOM Academy? Voucher Academy adalah kode khusus yang diberikan kepada pengguna yang

June 15, 2024
Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Yuk kenalan dengan Kelas UKOM Academy! Apa itu Kelas UKOM Academy? Kelas UKOM Academy merupakan

June 12, 2024
Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Uji Kompetensi merupakan exit exam mahasiswa kesehatan. Artinya mahasiswa kesehatan tidak bisa lulus jika tidak

June 7, 2024
Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Periode 2 uji kompetensi mahasiswa kesehatan sebentar lagi akan dilaksanakan. Dimana pada tanggal 29 Juni

June 5, 2024
Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian tulis yang dilaksanakan untuk menguji kompetensi

April 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pelaksanaan uji kompetensi mahasiswa kesehatan periode 1 telah usai, kini ukom gelombang 2 juga sudah

April 19, 2024
Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Siapa nih yang bingung saat mau lihat pengumuman Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI)? Biasanya pengumuman

April 3, 2024
Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Sobat Perawat yang baru saja terjun ke dunia kerja di anjurkan untuk bergabung menjadi anggota

March 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Dag dig dug, penasaran gak sih dengan hasil uji kompetensi periode 1 gelombang 1 tahun

March 23, 2024
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Yuk dapatkan kunci jawaban dan pembahasan soal di atas pada buku
Prediksi Soal UKOM D3 Keperawatan

Apa yang kamu dapatkan dalam buku ini?

Dapatkan Bukunya Sekarang!!