UKOM Academy Blog

Contoh Soal UKOM D3 Kebidanan + Pembahasan

contoh soal ukom d3 kebidanan

Hai pejuang Kometen

Kamu akan mengikuti Uji Kompetensi D3 Kebidanan?

Bagaimana dengan persiapannya? apakah sudah matang?

Seperti pada judul artikel ini, Minkom akan share contoh soal ukom D3 Kebidanan. Tentunya soal-soal ini minkom ambil dari sumber yang terpercaya ya.

Contoh soal ukom D3 Kebidanan ini minkom ambil dari salah satu buku UKOM Academy, dimana buku ini ditulis oleh Dosen berpengalaman dalam penulisan soal ukom, dan dalam penulisan soal-soalnya di sesuaikan dengan blueprint terbaru.

Kamu yang akan menghadapi UKOM D3 Kebidanan, bisa nih belajar menggunakan soal-soal berikut ini.

Baca sampai habis untuk mendapatkan kunci jawaban dan pembahasannya ya.

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Remaja dan Prakonsepsi

Soal 1: Seorang ibu usia 23 tahun, datang ke Bidan Praktek Swasta (BPS) untuk konsultasi mengenai pemakaian alat kontrasepsi. Ia mengatakan bahwa ia baru menikah dan belum ingin memiliki anak sehingga membutuhkan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan. Hasil copemeriksaan T: 36,8 C, RR: 24x/i, P: 88x/i, TD: 110/70 mmHg. Tidak ada kelainan yang ditemukan saat pemeriksaan fisik. Bidan lalu memberikan konseling.

Apakah jenis konseling yang dilakukan oleh bidan tersebut?
A. Konseling awal
B. Konseling khusus
C. Konseling lanjutan
D. Konseling pertama
E. Konseling permulaan

Soal 2: Seorang ibu usia 23 tahun datang ke klinik untuk konsultasi mengenai pemakaian alat kontrasepsi. Ia mengatakan bahwa ia baru menikah dan belum ingin memiliki anak sehingga membutuhkan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan. Hasil pemeriksaan T: 36,8 C, RR: 24x/i, P: 88x/i, TD: 110/70 mmHg. Tidak ada kelainan yang ditemukan saat pemeriksaan fisik. Bidan kemudian memberikan konseling.

Apakah isi dari konseling yang diberikan oleh bidan tersebut?
A. Metode KB pilihan ibu
B. Semua jenis metode KB
C. Permasalahan KB yang dialami oleh ibu
D. Efektivitas alat kontrasepsi yang dipakai oleh ibu
E. Pencegahan komplikasi dari alat kontrasepsi yang dipakai ibu

Baca juga: Contoh Soal UKOM Profesi Bidan

 

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Hamil

Soal 3: Seorang perempuan berumur 23 tahun hamil 8 minggu datang ke tempat bidan dengan keluhan mengeluarkan flek sejak kemarin, perut bagian bawah terasa nyeri. Hasil pemeriksaan: TD: 110/70 mmHg, N: 90x/menit, S: 370C, OUE menutup.

Apakah diagnosa yang tepat untuk kasus di atas?
A. Abortus imminen
B. Abortus incipient
C. Abortus incompletus
D. Abortus kompletus
E. Missed abortion

Soal 4: Seorang perempuan datang ke Praktek Bidan Mandiri, untuk melakukan kunjungan ANC, dengan keluhan pusing, dari hasil pemeriksaan didapat suhu 36,5°C, nadi 82 x/mnt Tekanan Darah, 100/70 mmHg, Konjungtiva pucat, usia kehamilan 38 mg.

Apakah Pemeriksaan Laboratorium yang dilakukan?
A. Protein Urine
B. Glukosa Urine
C. Hemoglobin
D. Golongan Darah
E. Pemeriksaan pembekuan darah

 

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Bersalin

Soal 5: Seorang perempuan umur 26 tahun GIIP1A0 hamil 38 minggu datang ke TPMB dengan keluhan kenceng-kenceng dari jam 08.00 WIB. Hasil anamnesa: sudah mengeluarkan lendir darah dari jalan lahir. Hasil pemeriksaan: KU baik, TD 110/80 mmHg, N 82 x/menit, P 20 x/menit, S 36,5 °C, DJJ 126 x/menit, Bidan mau melakukan pemeriksaan dalam untuk mengetahui pembukaan servik dan kemajuan persalinan. Sebelum melakukan pemeriksaan, bidan mencuci tangan kemudian menggunakan sarung tangan.

Apakah tujuan tindakan yang dilakukan bidan pada kasus diatas?
A. Rujukan
B. Pencatatan
C. Pencegahan infeksi
D. Membuat keputusan klinik
E. Asuhan sayang ibu dan bayi

Soal 6: Seorang perempuan umur 27 tahun G2P1A0, hamil 39 minggu datang ke TPMB menyatakan merasakan mules sejak 4 jam yang lalu. Hasil anamnesa: ibu merasakan nyeri di bagian pinggang sampai ke perut. Hasil pemeriksaan didapatkan KU baik, TD 120/80mmHg, S 37 °C, N 88 x/menit, P 24 x/menit, DJJ 146x/menit, pemeriksaan dalam pembukaan 5 cm, KK utuh, preskep, penurunan H I-II.

Apakah diagnosis yang tepat sesuai kasus tersebut?
A. Inpartu fase laten
B. Inpartu kala I fase aktif
C. Inpartu kala I fase aktif tahap akselerasi
D. Inpartu Kala I fase aktif tahap deselerasi
E. Inpartu kala I fase aktif tahap dilatasi maksimal

 

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Nifas

Soal 7: Seorang perempuan, umur 20 tahun, P1A0 6 hari postpartum bidan melakukan kunjungan rumah, dengan keluhan susah BAB. Hasil anamnesis ibu mengatakan BAB tidak lancar sejak minum tablet Fe. Hasil pemeriksaan: KU baik, TD 100/70 mmhg, N 90 x/menit, S 36,60C, P 20 x/menit, konjungtiva pucat, tubuh lemas. Perempuan tersebut menolak melanjutkan meminum tablet Fe.

Apakah rencana asuhan yang paling tepat pada kasus tersebut?
A. Menjelaskan tujuan dan cara mengkonsumsi tablet Fe yang
tepat
B. Menyarankan keluarga untuk memaksa ibu meminum tablet
Fe
C. Meminta keterangan tertulis terkait penolakan konsumsi
tablet Fe
D. Melakukan kolaburasi dengan tenaga kesehatan lain
E. Merujuk pasien ke fasilitas yang lebih lengkap

Soal 8: Seorang perempuan umur 22 tahun P1 A0, 3 hari postpartum, datang ke PMB dengan keluhan payudara tegang dan puting susu nyeri ketika menyusui hasil anamnesis ibu tidak berani menyusui. Hasil pemeriksaan: KU baik, TD 110/80 mmhg, N 84 x/menit, S 360C, P 20 x/menit, payudara bengkak.

Apakah penjelasan yang sesuai dengan kasus tersebut?
A. Mengenali tanda bahaya nifas
B. Mengenali tanda-tanda peradangan payudara
C. Penapisan dan pengobatan payudara bengkak
D. Pengenalan komplikasi dan pengobatan
E. Memantapkan pemberian ASI Eksklusif

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Masa Antara

Soal 9: Seorang perempuan umur 27 tahun datang ke PMB bersama suaminya bertujuan untuk suntik KB. Hasil anamnesis: sebagai akseptor KB suntik 1 bulan tetapi ingin mengganti suntik KB 3 bulan. Hasil pemeriksaan: TD 120/80 mmHg, N 82x/menit, S 37,5oC, P 24x/menit, dan. Bidan menjelaskan kemungkinan yang akan terjadi apabila berganti KB suntik 1 bulan ke suntik KB 3 bulan. Apabila tidak cocok akan mengalami perdarahan ibu dan suaminya menyetujui. Bidan pun memberikan suntikan KB 3 bulan itu ke perempuan tersebut. Dua bulan kemudian, ibu datang bersama suaminya, dengan keluhan keluar darah banyak pervaginam, pucat dan lemas. Bidan menjelaskan bahwa KB suntik 3 bulan sekali tidak cocok untuk Ibu. Suami ibu tersebut meminta ke bidan diberikan obat agar darah yang keluar berkurang, tapi bidan tidak memberikan dengan alasan agar tidak terjadi penyakit. Karena darah yang keluar semakin banyak, bidan melakukan rujukan ke RS. Sesampainya di RS, ibu mengalami syok sehingga dokter memberikan vit K per oral. Dengan kejadian tersebut bidan langsung ditegur oleh dokter.

Permasalahan apakah yang dialami oleh bidan pada kasus tersebut?
A. Konflik moral
B. Dilema moral
C. Isu etik
D. Konflik etnik
E. Tuntutan etik

Soal 10: Seorang perempuan umur 27 tahun melahirkan 3 bulan yang lalu datang ke PMB dikarenakan ingin menggunakan kontrasepsi. Bidan menjelaskan macam-macam metode kontrasepsi, cara pemasangan atau penggunaannya, efek yang mungkin ditimbulkan dan berbagai informasi seputar metode kontrasepsi.
Apakah peran bidan dalam kasus tersebut?
A. Pesan
B. Komunikator
C. Umpan balik
D. Komunikate
E. Media komunikasi

 

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Perimenopause

Soal 11: Seorang perempuan, umur 50 tahun, datang ke RS dengan keluhan nyeri saat berhubungan seksual dengan suami. Hasil anamnesis haid tidak teratur sejak 8 bulan terakhir, terkadang lama dan banyak, namun pernah 3 bulan berturut-turut tidak mendapatkan haid, seringkali sulit tidur, mudah cemas dan cepat marah. Hasil pemeriksaan TD 120/90 MmHg, N 82 x/menit, P 20 x/menit, S 37,3°C, BB 70 Kg. Pada saat pemeriksaan dilakukan bidan tidak menutup tirai sehingga privasi pasien tidak terjaga.
Apakah tindakan yang tidak diterapkan oleh bidan tersebut?
A. Melakukan kebiasaan yang sudah benar
B. Sudah memenuhi hak pasien
C. Tindakan moral yang salah
D. Tidak menerapkan hukum
E. Tidak menjalankan etika dengan baik dan benar

Soal 12: Seorang perempuan, umur 43 tahun, datang ke Puskesmas dengan keluhan tidak haid selama 3 bulan. Hasil anamnesis terasa panas pada wajah, sulit tidur dimalam hari, jantung berdebar-debar dan mudah marah. Hasil pemeriksaan TD 130/80 mmHg, N 88 x/menit, P 20 x/menit, S 37°C apakah diagnosis yang sesuai pada kasus?
Apakah diagnosis yang sesuai pada kasus tersebut?
A. Senium
B. Perimenopause
C. Premenopause
D. Menopause
E. Pasca Menopause

 

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Bayi Baru Lahir

Soal 13: Seorang bidan mengikuti pelatihan Mom and Baby Spa tentang relaxation touch for baby, relaxation touch for therapy, relaxation touch for mom treatment. Program pelatihan “relaxation touch for baby & maternity” merupakan program pelatihan meliputi teknik sentuhan dan massage dengan stimulasi untuk bayi. Materi ini merupakan pengembangan dari penelitian para ahli yang sangat bermanfaat dalam perkembangan ilmu kebidanan khusunya untuk Bayi dan Balita.
Apakah tujuan bidan dalam kasus di atas?
A. Promosi kesehatan dan konseling
B. Mengikuti kegiatan rutin bidan
C. Menambah wawasan dan pergaulan
D. Mengembangkan diri dan profesionalisme bidan
E. Meningkatkan jenjang pendidikan formal bidan

Soal 14: Seorang perempuan membawa bayinya ke TPBM. Hasil anamnesa ibu melahirkan 30 menit yang lalu ditolong oleh dukun, Kemudian dukun tersebut bayi diletakkan di dekat pintu yang terbuka dan dekat dengan kipas angin. Hasil pemeriksaan BB 2700-gram, S 35 °C, Kecepatan pernafasan, jantung melambat.
Apakah jenis mekanisme kehilangan panas pada tubuh bayi sesuai
kasus tersebut?
A. Radiasi
B. Evaporasi
C. Konveksi
D. Konduksi
E. Konvergen

Soal UKOM D3 Kebidanan Seri Bayi dan Balita

Soal 15: Seorang anak laki-laki umur 2 tahun dibawa ibunya ke posyandu untuk melakukan penimbangan. Hasil anamnesis: bayi sehat tidak ada keluhan. Hasil pemeriksaan: kesadaran: CM, BB 12 Kg, PB 84 cm, S 36,8°C, P 30 x/menit. Kemudian Hasil jawaban ya pada Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) berjumlah 8.

Tindakan apakah yang paling tepat dilakukan pada kasus tersebut?
A. Anjurkan konsultasi dengan dokter spesialis anak
B. Penimbangan kembali 1 bulan yang akan dating
C. Evaluasi perkembangan 3 bulan kemudian
D. Evaluasi KPSP ulang 2 minggu kemudian
E. Konsultasi dengan ahli gizi

Soal 16: Seorang bayi perempuan umur 1 tahun, dibawa ibunya ke posyandu untuk imunisasi. Hasil anamnesis: bayi masih diberikan ASI, riwayat imunisasi sebelumnya BCG, Polio 1-4, Pentabio 1-3. Hasil pemeriksaan: BB 9 Kg, PB 74 cm, S 36.7°C, P 33x/menit.

Imunisasi apakah yang paling tepat diberikan pada kasus tersebut?
A. Campak
B. Polio
C. Pentabio
D. IPV
E. BCG

Demikian contoh soal ukom D3 Kebidanan terbaru yang bisa minkom share. Untuk akses jawaban dan kunci pembahasannya bisa klik tombol berikut ini.

Berkenalan dengan UKOM Academy

UKOM Academy hadir sebagai pusat pembelajaran untuk persiapan Uji Kompetensi (UKOM) bagi mahasiswa calon tenaga kesehatan yang sedang berjuang meraih STR. Selengkapnya

Ingin mendapatkan notifikasi komentar?

Masukan email aktif dan klik icon lonceng untuk mendapatkan notifikasi komentar di email kamu. Lihat petunjuknya disini.

2.7 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Apa itu Voucher UKOM Academy? Voucher Academy adalah kode khusus yang diberikan kepada pengguna yang

June 15, 2024
Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Yuk kenalan dengan Kelas UKOM Academy! Apa itu Kelas UKOM Academy? Kelas UKOM Academy merupakan

June 12, 2024
Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Uji Kompetensi merupakan exit exam mahasiswa kesehatan. Artinya mahasiswa kesehatan tidak bisa lulus jika tidak

June 7, 2024
Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Periode 2 uji kompetensi mahasiswa kesehatan sebentar lagi akan dilaksanakan. Dimana pada tanggal 29 Juni

June 5, 2024
Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian tulis yang dilaksanakan untuk menguji kompetensi

April 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pelaksanaan uji kompetensi mahasiswa kesehatan periode 1 telah usai, kini ukom gelombang 2 juga sudah

April 19, 2024
Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Siapa nih yang bingung saat mau lihat pengumuman Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI)? Biasanya pengumuman

April 3, 2024
Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Sobat Perawat yang baru saja terjun ke dunia kerja di anjurkan untuk bergabung menjadi anggota

March 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Dag dig dug, penasaran gak sih dengan hasil uji kompetensi periode 1 gelombang 1 tahun

March 23, 2024
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Yuk dapatkan kunci jawaban dan pembahasan soal di atas pada buku
Prediksi Soal UKOM D3 Keperawatan

Apa yang kamu dapatkan dalam buku ini?

Dapatkan Bukunya Sekarang!!