UKOM Academy Blog

Pengertian Uji Kompetensi Kesehatan dan Alasannya Diadakan

pengertian uji kompetensi

UKOM Academy – Seorang mahasiswa Vokasi dan Profesi Kesehatan diwajibkan mengikuti uji kompetensi sebagai syarat kelulusannya. Selain syarat kelulusan, lulus ujian ini juga menjadi langkah awal bisa terjung kedunia kerja, karena dengan dinyatakan kompeten pada uji kompetensi, calon tenaga kesehatan baru bisa mengajukan pembuatan STR (Surat Tanda Registrasi).

Pengertian UKOM

Uji Kompetensi atau biasa disingkat sebagai ukom merupakan suatu evaluasi yang diadakan dalam bidang kesehatan untuk mengukur tingkat kompetensi seseorang dalam menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan bidang kesehatan.

Uji Kompetensi Kesehatan diatur langsung oleh Kementrian Pendidikan Indonesia dan organisasi resmi jurusan terkait yang bertujuan untuk memastikan bahwa para tenaga kesehatan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Asalan Adanya Uji Kompetensi

Alasan diadakannya UKOM Kesehatan adalah untuk menjamin mutu dan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh para tenaga kesehatan. Dengan mengikuti uji kompetensi, tenaga kesehatan dapat memperoleh sertifikasi atau lisensi yang menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Hal ini penting dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan yang diberikan.

Jurusan Kesehatan yang Diwajibkan UKOM

Ada beberapa jurusan kesehatan yang mengadakan UKOM untuk siswanya. Jurusan-jurusan ini umumnya terkait dengan profesi kesehatan yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus. Beberapa jurusan kesehatan yang sering mengadakan UKOM antara lain:

Kedokteran: UKOM diadakan untuk calon dokter guna menilai pengetahuan medis, kemampuan klinis, dan etika profesional.

Keperawatan: UKOM diadakan untuk calon perawat guna menguji pengetahuan dan keterampilan dalam merawat pasien, pemahaman terhadap prosedur medis, serta aspek etika dan keamanan pasien.

Farmasi: UKOM diadakan untuk calon apoteker guna menilai pemahaman mereka tentang obat-obatan, kepatuhan dalam pemberian obat, serta pengetahuan farmasi klinis.

Kebidanan: UKOM diadakan untuk calon bidan guna mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kehamilan, persalinan, dan perawatan pasca persalinan.

Berikut ini daftar lengkap program studi yang mengadakan uji kompetensi.

Diploma 3

1. D3 Teknologi Elektro-medis
2. D3 Kesehatan Gigi
3. D3 Sanitasi
4. D3 Gizi
5. D3 Jamu
6. D3Teknologi Laboratorium Medis
7. D3 Teknik Gigi
8. D3 Terapi Wicara
9. D3 Terapi Okupasi
10. D3 Radiologi
11. D3 Akupunktur
12. D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
13. D3 Optometri
14. D3 Fisioterapi
15. D3 Ortetik Prostetik
16. D3 Keperawatan Anestesiologi
17. D3 Kebidanan
18. D3 Keperawatan
19. D3 Farmasi
20. D3 Analisis Farmasi dan Makanan

Diploma 4

21. D4 Akupunktur
22. D4 Teknologi Rekayasa Elektro-medis
23. D4 Terapi Gigi
24. D4 Sanitasi Lingkungan
25. D4 Gizi
26. D4 Teknologi Radiologi Pencitraan
27. D4 Terapi Wicara
28. D4 Teknologi Laboratorium Medis
29. D4 Fisioterapi
30. D4 Ortetik Prostetik
31. D4 Keperawatan Anestesiologi
32. D4 Bidan
33. D4 Perawat
34. D4 RMIK
35. D4 Optometri

Profesi

36. Pendidikan Profesi Apoteker
37. Profesi Bidan
38. Profesi NERS
39. Profesi Dietisien
40. Pendidikan Program Profesi Dokter
41. Pendidikan Program Profesi Dokter Gigi

Sarjana

42. Sarjana Gizi (Nutrisionist)

Tempat Pelaksanaan dan Jadwal UKOM

Tempat pelaksanaan UKOM dapat bervariasi tergantung pada jurusan dan lembaga yang menyelenggarakannya. Biasanya UKOM dilaksanakan di pusat-pusat ujian yang telah ditunjuk oleh lembaga atau instansi terkait. Pusat-pusat ujian ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk menjalankan ujian secara fair dan terkontrol.

Jadwal UKOM ditentukan oleh lembaga atau instansi yang bertanggung jawab. Uji kompetensi dinaungi langsung oleh kemdikbud, dan jadwalnya akan di share melalui situs https://uknakes.kemdikbud.go.id/. Calon peserta diharapkan untuk memantau pengumuman terkait jadwal UKOM agar dapat melakukan persiapan dengan baik.

Cara Mendaftar sebagai Peserta UKOM

Untuk mendaftar sebagai peserta UKOM, calon peserta harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh lembaga atau instansi yang menyelenggarakan UKOM. Beberapa langkah umum yang perlu dilakukan antara lain:

Mengisi formulir pendaftaran: Calon peserta perlu mengisi formulir pendaftaran yang biasanya tersedia secara online melalui situs web resmi lembaga tersebut. Formulir ini meminta informasi pribadi, riwayat pendidikan, dan jurusan yang akan diikuti.

Melampirkan dokumen pendukung: Calon peserta mungkin diminta untuk melampirkan dokumen pendukung, seperti fotokopi identitas, ijazah atau surat keterangan pendidikan, dan pas foto terbaru.

Membayar biaya pendaftaran: Terkadang, UKOM mengharuskan calon peserta untuk membayar biaya pendaftaran. Besaran biaya ini dapat berbeda-beda tergantung pada jurusan dan lembaga yang menyelenggarakan UKOM.

Pelaksanaan UKOM

Pelaksanaan UKOM biasanya dilakukan dalam bentuk tes tertulis atau ujian praktik yang mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan peserta dalam bidang kesehatan. Tes tertulis umumnya mencakup soal pilihan ganda, isian singkat, atau penulisan esai terkait dengan materi yang telah dipelajari. Ujian praktik melibatkan penerapan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi nyata, seperti simulasi keadaan darurat atau tugas klinis.

Cara Melihat Pengumuman UKOM

Setelah pelaksanaan UKOM, pengumuman hasil biasanya diumumkan melalui situs web resmi atau media sosial lembaga yang menyelenggarakan UKOM. Calon peserta dapat memeriksa pengumuman dengan memasukkan nomor registrasi atau nomor peserta yang diberikan saat mendaftar.

Penting bagi calon peserta untuk memeriksa pengumuman dengan seksama dan mengikuti instruksi yang diberikan terkait langkah selanjutnya setelah pengumuman, seperti proses sertifikasi atau pemberian lisensi.

Materi yang Akan Muncul di uji Kompetensi

Materi ujian kompetensi setiap program studi berbeda, untuk mengetahui materi yang akan di ujikan kita perlu memahami blueperint uji kompetensi masing-masing program studi.

Sebagai contoh materi yang akan muncul di ujian kompetensi profesi bidan adalah mengenai Etik Legal dan Keselamatan Pasien, Komunikasi Efektif, Landasan Ilmiah Ilmu Kebidanan, Pengembangan Diri, Profesionalisme, dan Kepemimpinan, Keterampilan Klinis Praktik Kebidanan, dan Manajemen Pelayanan Kebidanan.

Silahkan dapatkan update mengenai blueprint ukom disini : https://www.blog.ukomacademy.com/tag/blueperint-uji-kompetensi/

Bagaimana Jika Tidak Lolos UKOM?

Mahasiswa yang tidak lulus ukom harus mengikuti ujian di periode selanjutnya atau tahun setelahnya. Retaker adalah sebutan bagi mahasiswa yang gagal lulus ukom di percobaan pertama.

Yang Harus Dilakukan Setelah Uji Kompetensi

Setelah lulus uji kompetensi, kita harus menunggu keluarnya surat kompetensi, jika surat tersebut sudah keluar barulah kita bisa mengajukan STR seumur hidup.

Buku Prediksi Soal UKOM

Berikut ini beberapa buku yang bisa digunakan untuk belajar dalam mempersiapkan uji kompetensi mahasiswa kesehatan. Buku di bawah ini sudah sesuai standar blueprint uji kompetensi terbaru.

 

Kesimpulan

Uji Kompetensi Kesehatan merupakan evaluasi yang penting untuk menjamin mutu dan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan. UKOM diadakan untuk berbagai jurusan kesehatan, termasuk kedokteran, keperawatan, farmasi, dan kebidanan.

Tempat pelaksanaan UKOM dapat berbeda-beda tergantung pada lembaga atau instansi yang menyelenggarakannya, dan jadwal UKOM diumumkan secara resmi oleh lembaga tersebut. Calon peserta dapat mendaftar dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dan melihat pengumuman hasil UKOM melalui situs web atau media sosial resmi lembaga tersebut.

Dengan mengikuti ukom, tenaga kesehatan dapat memperoleh sertifikasi atau lisensi yang menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. UKOM Kesehatan merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa tenaga kesehatan yang berpraktik memiliki kompetensi yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang aman dan berkualitas kepada masyarakat.

Berkenalan dengan UKOM Academy

UKOM Academy hadir sebagai pusat pembelajaran untuk persiapan Uji Kompetensi (UKOM) bagi mahasiswa calon tenaga kesehatan yang sedang berjuang meraih STR. Selengkapnya

Ingin mendapatkan notifikasi komentar?

Masukan email aktif dan klik icon lonceng untuk mendapatkan notifikasi komentar di email kamu. Lihat petunjuknya disini.

4.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Apa itu Voucher UKOM Academy? Voucher Academy adalah kode khusus yang diberikan kepada pengguna yang

June 15, 2024
Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Yuk kenalan dengan Kelas UKOM Academy! Apa itu Kelas UKOM Academy? Kelas UKOM Academy merupakan

June 12, 2024
Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Uji Kompetensi merupakan exit exam mahasiswa kesehatan. Artinya mahasiswa kesehatan tidak bisa lulus jika tidak

June 7, 2024
Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Periode 2 uji kompetensi mahasiswa kesehatan sebentar lagi akan dilaksanakan. Dimana pada tanggal 29 Juni

June 5, 2024
Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian tulis yang dilaksanakan untuk menguji kompetensi

April 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pelaksanaan uji kompetensi mahasiswa kesehatan periode 1 telah usai, kini ukom gelombang 2 juga sudah

April 19, 2024
Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Siapa nih yang bingung saat mau lihat pengumuman Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI)? Biasanya pengumuman

April 3, 2024
Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Sobat Perawat yang baru saja terjun ke dunia kerja di anjurkan untuk bergabung menjadi anggota

March 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Dag dig dug, penasaran gak sih dengan hasil uji kompetensi periode 1 gelombang 1 tahun

March 23, 2024
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Yuk dapatkan kunci jawaban dan pembahasan soal di atas pada buku
Prediksi Soal UKOM D3 Keperawatan

Apa yang kamu dapatkan dalam buku ini?

Dapatkan Bukunya Sekarang!!