UKOM Academy Blog

Soal UKOM NERS Berdasarkan Blueprint

contoh soal ukom ners

Bagaiamana dengan persiapan ukom ners kamu? apakah sudah cukup puas?

Jika kamu menemukan artikel ini berarti kamu sedang mencari contoh soal ukom ners, yang berarti kamu sedang melakukan persiapan untuk mengikuti uji kompetensi.

Tenang, kamu di artikel yang tepat kok, disini minkom tidak hanya share soal ukom ners saja, tapi akan berbagi sedikit tips agar kamu bisa mengikuti ukom dengan mudah.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat pelaksaan uji kompetensi ners, sebagai berikut.

1. Jawab semua soal jangan lewatkan satu pun, prioritaskan menjawab soal yang menurut kita mudah. Setelah menjawab semua soal, periksa kembali dan teliti apakah ada jawaban yang keliru.

2. Setiap soal uji kompetensi memiliki struktur yang harus kita pahami agar lebih mudah mengerjakan soal dengan cepat. Struktur tersebut adalah vignette atau kasus, lead in atau pertanyaan dan pilihan jawaban yang terdiri dari 5 opsi (a, b, c, d dan e). Setiap soal hanya memiliki satu jawaban yang benar.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika sudah memahami struktur soalnya?

Biasanya vignette akan berbentuk soal cerita dan cukup panjang untuk kita baca terlebih dahulu, jadi kita bisa fokus kepada lead in atau pertanyaan dulu dan lihat opsi jawabannya. Kemudian temukan kata kunci yang berhubungan dengan pertanyaan dan temukan jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut.

Dengan cara itu, kita bisa menghemat waktu mengingat kita hanya diberikan waktu 180 menit untuk mengerjakan 180 soal, jadi efisiensi waktu itu sangat penting.

3. Perhatikan badan soal yang biasanya menyajikan kasus klinis. Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan yaitu: keluhan utama, data klinis, dan tempat pelayanan yang disebutkan dalam vignet tersebut. Kemampuan menghubungkan 3 hal penting tersebut dapat membantu mengarahkan untuk mengelimininasi jawaban yang salah dan mencari pilihan jawaban yang paling tepat.

 

14 Contoh Soal UKOM NERS

 

1. Keperawatan Medikal Bedah

Soal 1: Seorang laki-laki berusia 65 tahun baru MRS di ruang penyakit dalam. Kondisi pasien lemah. Hasil pemeriksaan fisik tekanan darah 98/65 mmHg, frekuensi nafas 22 x/menit, frekuensi nadi 88x/mnt, suhu 37 °C. Perawat akan melakukan pemasangan infus. Perawat menjelaskan mengenai tindakan yang akan dilakukan, tujuan dan resiko jika tidak dilakukan tindakan tersebut. Kemudian perawat minta persetujuan keluarga dan menandatangani surat pernyataan sesuai dengan penjelasan yang diberikan.

Apakah jenis tindakan yang dilakukan oleh perawat tersebut?

A. Anonymity
B. Dokumentasi
C. Confidentially
D. Pendelegasian
E. Informed consent

Baca Juga: Soal UKOM Profesi Bidan Terbaru

Soal 2: Seorang laki-laki berusia 47 tahun dirawat di ruang bedah post operasi kolostomi. Pada abdomen terdapat stoma kolostomi di area kolon desenden. Saat ini hari ketiga post operasi pembuatan kolostomi dan akan dilakukan perawatan luka. Perawat menyiapkan peralatan yang diperlukan, kemudian ke pasien dan memperkenalkan diri serta mengidentifikasi pasien.

Apakah tindakan selanjutnya yang dilakukan oleh perawat tersebut?

A. Menyiapkan peralatan steril
B. Mengkaji kondisi tentang stoma
C. Mengkaji pengeluaran dari stoma
D. Memasang perlak dibawah punggung kiri klien
E. Menjelaskan tentang prosedur yang akan dilakukan

 

Keperawatan Maternitas

Soal 3: Seorang perempuan berusia 20 tahun, G2P1A0 datang ke poli hamil untuk melakukan kunjungan kehamilan rutin. Hasil pengkajian HPHT 20 April 2020, siklus menstruasi 28 hari, TD= 120/80 mmHg, frekuensi nadi 80x/menit, frekuensi nafas 18x/menit.

Kapan taksiran persalinan pada kasus tersebut?

A. 20 Januari 2021
B. 23 Januari 2021
C. 25 Januari 2021
D. 27 Januari 2021
E. 28 Januari 2021

 

Soal 4: Seorang perempuan berusia 24 tahun P1A0 post-partum hari ke 5 datang ke poli untuk melakukan kunjungan berulang setelah melahirkan. Hasil pengkajian mengeluh nyeri pada luka jahitan episiotomi dan keluar cairan nanah. Pemeriksaan fisik didapatkan TD 130/80 mmHg, frekuensi nadi 90 x/menit, frekuensi nafas 20 x/menit, suhu 380C, skala nyeri 6.

Pengkajian yang dilakukan selanjutnya untuk menegakkan diagnosa kasus tersebut?

A. Pemeriksaan Involusi Uteri
B. Memantau Lochea
C. Observasi tanda REEDA
D. Cek Homan sign
E. Periksa DRA

Ners

Keperawatan Anak

Soal 5: Seorang anak perempuan usia 12 tahun dirawat dengan Infeksi Saluran Kemih dan terpasang kateter sejak 3 hari yang lalu. Anak tersebut mengatakan tidak nyaman dengan area pemasangan kateter, perawat berjanji kepada orang tuanya untuk melakukan observasi terhadap kateter setiap 2 jam. Perawat tersebut lupa untuk melakukan observasi yang menyebabkan timbul kemerahan pada area pemasangan kateter.

Prinsip etik apa yang dilanggar oleh perawat tersebut?

A. Justice
B. Fidelity
C. Autonomy
D. Beneficence
E. Confidentiality

Soal 6: Seorang perawat, sedang melakukan observasi tanda tanda vital pada anak perempuan, berusia 10 tahun. Perawat tersebut melihat rambut anak tampak kotor dan tidak rapi. Perawat tersebut merapikan rambut anak tersebut dan menyarankan kepada keluarga untuk mencuci atau mengeramas rambut anaknya.

Prinsip etik apakah yang dilakukan oleh perawat?

A. Justice
B. Fidelity
C. Autonomy
D. Beneficence
E. Non-Maleficence

Keperawatan Jiwa

Soal 7: Seorang Laki-laki berusia 45 tahun dirawat di RSJ dengan gejala klien sering marah-marah, berteriak dan hendak memukul orang disekitarnya. Saat ini tindakan yang dilakukan perawat adalah mengikat klien di tempat tidur dan keluarga bersedia dengan perawatan yang dilakukan oleh perawat.

Apakah hal pertama yang harus dilakukan oleh perawat tersebut?

A. Memberikan dukungan melalui hak klien lembar persetujuan perawatan
B. Kolaborasi dengan paramedis
C. Membantu dalam menentukan keputusan
D. Memberikan obat penenang pada klien
E. Memberikan fasilitas penunjang untuk kesembuhan klien

Soal 8: Seorang Bayi laki-laki berusia 5 bulan akhir-akhir ini sering menangis. Hasil pengkajian:” ibu mengatakan jiwa setiap malam bayi selalu menangis”,” ibu mengatakan juga bayi tidak minum ASI”, dan ibu sering nampak menggendongnya supaya anak tidak menangis lagi.

Apakah yang dapat dilakukan perawat dalam mengkaji klien tersebut?

A. Mengkaji respon bayi ketika di tinggal ibunya
B. Mendengarkan musik ketika bayi menangis
C. Bayi diajak bermain oleh perawat
D. Memberikan ayunan kepada bayi tersebut
E. Memberikan makanan

 

Keperawatan Keluarga

Soal 9: Perawat melakukan kunjungan pada sebuah keluarga, ditemukan laki-laki, 50 tahun, di diagnosis Gastritis. Klien memiliki keluhan mual, hilang nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan. Klien merasa keluarga kurang memberikan dukungan terhadap pengobatan klien. Keluarga mengatakan klien susah untuk diingatkan tentang penyakitnya dan dalam minum obat, dan tidak patuh pada anjuran dokter.

Bagaimana penerapan prinsip etik beneficence pada kasus tersebut?

A. Memotivasi keluarga menjadi pendamping minum obat
B. Memberikan pendidikan kesehatan tentang komplikasi Gastritis
C. Mendampingi keluarga dalam memberikan dukungan pada klien
D. Menyerahkan keputusan pengobatan gastritis kepada klien dan keluarga
E. Mendampingi keluarga mengkomunikasikan pengobatan dan tindakan
dalam mengatasi gastritis terhadap klien.

 

Soal 10: Hasil pengkajian kunjungan rumah ditemukan, laki-laki 35 tahun, di diagnosis TB Aktif, akan tetapi klien mengalami putus obat. Klien mengeluh batuk tidak berhenti sejak 3 bulan yang lalu, namun takut untuk meminum OAT. Keluarga mengatakan terganggu dengan keluhan klien, Keluarga mengabaikan kondisi klien karena istri klien sibuk dengan pekerjaan dan harus menggantikan klien mencari nafkah.

Apa pengkajian yang perlu diperdalam pada kasus tersebut?

A. Pengkajian peran keluarga
B. Pengkajian fungsi keluarga
C. Pengkajian harapan keluarga
D. Pengkajian pola komunikasi keluarga
E. Pengkajian tugas perkembangan keluarga

 

Keperawatan Gerontik

Soal 11: Seorang perempuan berusia 62 tahun tinggal di panti wreda. Klien sering mengeluh sulit tidur dan sering terbangun malam hari. Klien ingin pulang kerumah karena rindu dengan anggota keluarganya. Hasil pengkajian klien tampak lemah dan susah berkonsentrasi, konjungtiva pucat, klien juga terlihat lusuh karena jarang mandi.

Apa masalah keperawatan pada kasus tersebut?

A. Gangguan pola tidur
B. Intoleran aktivitas
C. Pengabaian diri
D. Gangguan fungsi kognitif
E. Defisit perawatan diri

Soal 12: Seorang laki-laki berusia 71 tahun tinggal di panti wredha, klien mengalami keluhan sering terbangun saat tidur dimalam hari dan sulit untuk tidur kembali. Pada saat dikaji klien mengatakan badannya terasa lemas dan sering merasa ngantuk dipagi hari, TD: 130/90 mmHg, frekuensi Nadi 88x/menit, klien tampak murung dan lebih banyak diam sejak ditinggalkan istrinya.

Apakah pengkajian selanjutnya yang perlu dilakukan pada kasus tersebut?

A. Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI)
B. Geriatric Depression Scale (GDS)
C. Mini Mental State Examination (MMSE)
D. Fungsi Kognitif
E. Indek KATZ

 

Manajemen Keperawatan

Soal 13: Seorang laki-kali berusia 55 tahun di rawat di ruang bedah dengan diagnosis gastritis dan mengeluh nyeri epigastrium. Perawat akan melakukan implementasi untuk mengurangi nyeri dengan teknik relaksasi, distraksi, dan terapi guided imagery. Sebelum melakukan tindakan tersebut, pasien diberi kesempatan untuk memilih tindakan mana yang akan dilakukan.

Apakah prinsip etik yang diterapkan perawat tersebut?

A. Fidelity
B. Veracity
C. Autonomy
D. Beneficence
E. Nonmaleficence

Soal 14: Sekelompok perawat shift pagi di ruang ICU melaksanakan pertemuan keperawatan di akhir dinas yang dihadiri oleh ketua tim dan perawat pelaksana. Kegiatan dipimpin oleh ketua tim yang membahas tentang penyampaian hasil asuhan keperawatan, evaluasi asuhan keperawatan dan hal-hal penting yang harus dilakukan untuk rencana tindak lanjut.

Apakah kegiatan yang dilakukan oleh perawat shif pagi tersebut?

A. Operan
B. Pre conference
C. Post conference
D. Ronde keperawatanPembahasan
E. Menurut Swansburg (2012), conference merupakan bentuk diskusi

 

Soal-soal di atas diekolompokan sesuai blueprint ukom ners tepatnya berdasarkan dari tinjauan bidang keilmuan.

Harapannya dengan adanya soal ini, kita yang akan mengikuti uji kompetensi ners bisa memahami bentuk soal yang akan keluar di ukom nanti., dan lulus dengan mudah. Tentunya harus dibarengi dengan belajar yang giat dan bisa juga mengikuti bimbingan belajar ukom dari UKOM Academy.

Jika dari sobat minkom masih ada yang belum tahu jadwal ukom ners kapan, bisa baca artikel berikut ini.

Jadwal UKOM Ners

 

Kamu ingin belajar soal ukom dengan pembahasan yang lengkap?

Yuk dapatkan buku Prediksi Soal UKNI (Uji Kompetensi Ners Indonesia). Buku ini disusun oleh dosen berpengalaman dari universitas kesehatan seluruh Indonesia.

Kamu bisa dapatkan bukunya dengan klik link berikut

Buku Prediksi Soal UKOM NERS

Berkenalan dengan UKOM Academy

UKOM Academy hadir sebagai pusat pembelajaran untuk persiapan Uji Kompetensi (UKOM) bagi mahasiswa calon tenaga kesehatan yang sedang berjuang meraih STR. Selengkapnya

Ingin mendapatkan notifikasi komentar?

Masukan email aktif dan klik icon lonceng untuk mendapatkan notifikasi komentar di email kamu. Lihat petunjuknya disini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Cholis
Cholis
11 months ago

GK ada jawaban nya

admin
Admin
10 months ago
Reply to  Cholis

Hai kak, untuk mendapatkan jawbannya bisa langsung baca buku prediksi soal ukni (ners) kak, berikut link pembeliannya: https://bit.ly/bukuukni

trackback

[…] dalamnya juga sudah melalui proses seleksi yang ketat, sehingga kualitasnya akan sama persis dengan soal ukom ners yang akan di […]

Artikel Terkait

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Cara Redeem Kode Voucher UKOM Academy

Apa itu Voucher UKOM Academy? Voucher Academy adalah kode khusus yang diberikan kepada pengguna yang

June 15, 2024
Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Kelas UKOM Academy Sudah Rilis! Cek Harga dan Program Studi yang Tersedia

Yuk kenalan dengan Kelas UKOM Academy! Apa itu Kelas UKOM Academy? Kelas UKOM Academy merupakan

June 12, 2024
Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Mahasiswa Kesehatan

Uji Kompetensi merupakan exit exam mahasiswa kesehatan. Artinya mahasiswa kesehatan tidak bisa lulus jika tidak

June 7, 2024
Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Siap-Siap untuk Menghadapi UKOM Periode 2 Tahun 2024

Periode 2 uji kompetensi mahasiswa kesehatan sebentar lagi akan dilaksanakan. Dimana pada tanggal 29 Juni

June 5, 2024
Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Lagi Cari Buku Soal UKMPPD? Ini Rekomendasinya!

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan ujian tulis yang dilaksanakan untuk menguji kompetensi

April 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 2 Tahun 2024

Pelaksanaan uji kompetensi mahasiswa kesehatan periode 1 telah usai, kini ukom gelombang 2 juga sudah

April 19, 2024
Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Bagaimana Cara Melihat Pengumuman UKAI Terbaru?

Siapa nih yang bingung saat mau lihat pengumuman Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI)? Biasanya pengumuman

April 3, 2024
Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Cara Mendaftar Sebagai Anggota PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)

Sobat Perawat yang baru saja terjun ke dunia kerja di anjurkan untuk bergabung menjadi anggota

March 30, 2024
Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Pengumuman UKOM Periode 1 Gelombang 1 Tahun 2024

Dag dig dug, penasaran gak sih dengan hasil uji kompetensi periode 1 gelombang 1 tahun

March 23, 2024
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Yuk dapatkan kunci jawaban dan pembahasan soal di atas pada buku
Prediksi Soal UKOM D3 Keperawatan

Apa yang kamu dapatkan dalam buku ini?

Dapatkan Bukunya Sekarang!!